Kegiatan Pantangan Darah Tinggi

Kegiatan Pantangan Darah Tinggi - Seseorang terkadang tidak menyadari jika di dalam tubuhnya terdapat tekanan darah tinggi. Penyakit silent killer tersebut tidak jarang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang karena dapat memicu penyakit berbahaya lainnya seperti jantung, stroke, diabetes. Dalam kesehariannya, jika seseorang sudah divonis menderita penyakit darah tinggi, maka Anda harus menghindari pantangan darah tinggi baik makanan ataupun kegiatan tertentu.

Kegiatan Pantangan Darah Tinggi


Kebiasaan yang menjadi pantangan penyakit darah tinggi diantaranya adalah:

  • Merokok yang tidak hanya dapat menyebabkan tekanan menjadi naik namun juga merusak sistem tubuh lainnya seperti jantung yang dapat menimbulkan kanker, stroke.
  • Meminum minuman beralkohol karena dapat merusak dinding arteri sehingga dapat meningkatkan terjadinya penyakit jantung dan masalah kesehatan yang lebih serius.
  • Hindari stress. Stress merupakan salah satu penyebab yang banyak tidak disadari oleh orang namun penumpukan pikiran dan beban perasaan dapat membuat jantung berdetak menjadi lebih cepat dan membuat tekanan darah menjadi bertambah.


Tidak hanya kegiatan sehari-hari tersebut yang harus dihindari namun juga terdapat beberapa olahraga yang harus dihindari oleh orang yang menderita tekanan darah tinggi. Pertama adalah olahraga angkat beban. Hal tersebut dikarenakan olahraga ini dapat meningkatkan tekanan darah di dalam waktu yang sangat cepat. Sehingga, ketika Anda memutuskan untuk melakukan olahraga ini, pastikan jika Anda mengangkat beban sesuai dengan kemampuan Anda dan jangan dipaksakan.

Olahraga lainnya yang harus dihindari dan menjadi pantangan darah tinggi yaitu;

  • Terjun payung yang dapat meningkatkan adanya resiko tekanan darah. Jika tidak kuat atau memaksakan untuk melakukan terjun payung, dapat menyebabkan serangan jantung bagi penderitanya. Hal tersebut dikarenakan terjun payung merupakan salah satu kegiatan yang memacu adrenalin dan membuat jantung memompa darah menjadi lebih cepat.
  • Menyelam karena dapat memberikan beban pada jantung akibat bergerak di dalam air yang membutuhkan tenaga lebih besar disertai dengan tekanan dalam air yang semakin dalam akan semakin membuat badan dan nafas menjadi susah. Jika ingin menyelam, harus didampingi dengan instruktur profesional sehingga ketika terjadi masalah, dapat segera dilakukan tindakan pertama. 

1 comment:

Post a Comment