Gejala dan Penyebab Bronchitis pada Anak


Anak-anak lebih rentan terkena penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh infeksi virusmaupun bakteri. Hal ini dikarenakan kekuatan daya tahan tubuh pada anak belum sempurna dibandingkan orang dewasa. Dengan begini anak akan lebih mudah terkena penyakit apalagi jika memang orang tuanya tidak memperhatikan kesehatan anaknya. Salah satu penyakit yang sering di derita anak-anak adalah bronkitis. bronkitis meruapakan infeksi atau peradangan pada bagian pernafasan yang berfungsi sebagai tempat bertukarnya udara yaitu bronkus.

Beberapa gejala yang timbul akibat penyakit bronkitis ini pada anak-anak diantaranya adalah anak mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh atau bahkan semakin parah, suhu tubuh anak meningkat, nafsu makan anak sangat menurun atau cenderung tidak ingin makan, anak mengeluhkan pening ataupun sakit kepala, sakit tenggorokan, sulit bernafas, mudah lemas dan selalu merasakan kelelahan. Selain itu akan terlihat pula pada wajah anak atau lebih tepat pipinya yang cenderung berwarna kemerahan. Penyakit bronchitis pada anak umumnya terjadi pada dua minggu atau lebih, jika segera diobati maka akan cepat sembuh. Atau biasa di kenal dengan bronchitis akut.

Jika anak Anda mengalami gejala penyakit diatas sebaiknya Anda harus dengan segera memeriksakannya kerumah sakit. Atau paling tidak mengkonsultasikan terlebih dahulu kondisi anak Anda pada ahlinya. Salah satu cara agar Anda dapat mengkonsultasikan mengenai kesehatan anak Anda maupun anggota keluarga yang lain, sebaiknya Anda bergabung dengan Futuready. Website yang menyediakan jasa Tanya jawab dengan topik kesehatan yang dapat membantu Anda.

Selanjutnya adalah mengetahui penyebab bronkitis pada anak. Penyebab utama dari penyakit bronkitis pada anak adalah terinfeksi virus yang menginfeksi bronkus atau saluran pernafasan yang berfungsi sebagai tempat yang membawa udara menuju paru-paru. Virus dapat menyerang anak dikarenakan lingkungan yang tidak sehat dan membuat daya tahan tubuh anak tidak kuat.

Selain itu melalui makanan yang tidak bersih yang masuk kedalam tubuh anak. Biasanya ini terjadi akibat anak yang tidak mencuci tanggannya terlebih dahulu saat ingin memegang makanan atau ingin memakan sesuatu.

Penyebab bronkitis pada anak selanjutnya adalah diakibatkan anak terlalu banyak menghirup udara yang tidak bersih. Terutama asap rokok yang berada di sekitarnya. Asap rokok sangat mengganggu kesehatan pernafasan anak Anda. Untuk itu sebaiknya jika Anda merupakan orang tua yang perokok sebaiknya saat akan merokok menjauhlah dari anak Anda. Atau lebih baik lagi jika Anda juga menghentikan kebiasaan tersebut. Karena orang yang merokok juga rentan untuk terkena penyakit bronkitis ini.

No comments:

Post a Comment