Fungsi Penting Tulang Bagi Manusia

Kesehatan tubuh menjadi hal yang tak ternilai harganya, namun juga tak semua orang bisa mendapatkan harta yang sangat mahal tersebut. Umumnya penyakit-penyakit yang menyerang manusia bukan tanpa alasan, melainkan paling banyak terjadi akibat dari kesalahan orang itu sendiri. Gaya hidup yang salah dengan konsumsi makanan tidak sehat atau yang paling sering terjadi adalah karena kurang melakukan olahraga. Padahal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh. selama ini manusia mungkin hanya fokus pada kesehatan organ dalam saja, tanpa tau bahwa tulang juga memiliki fungsi yang sangat penting bagus mereka, padahal ada banyak jenis penyakit tulang belakang yang sangat rawan menyerang Anda.


Beberapa jenis kelainan tulang belakang memang tak bisa dirasakan sekarang, namun nanti di usia senja karena kurangnya menjaga kesehatan organ tersebut. Lalu sebenarnya apa saja fungsi dari tulang belakang tersebut, nah berikut ini ulasannya:
  • Tulang merupakan alat gerak pasif, mengapa dikatakan pasif karena ia tak akan bisa memberi gerakan tanpa adanya otot dan juga sendi. Coba bayangkan jika salah satu tulang yang ada pada bagian kaki patah, maka Anda tak akan bisa berjalan, tak hanya patah, retak saja sudah menyebabkan Anda susah untuk beraktivitas.
  • Memberikan bentuk tubuh, tanpa adanya tulang manusia akan tampak seperti ubur-ubur yang hanya mengikuti arus air, bentuk tubuh yang bagus juga diawali dari postur tulang yang bagus.
  • Melindungi organ-organ tubuh yang penting, khususnya adalah organ dalam seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal dan yang lainnya agar tidak mengalami benturan.
  • Sebagai tempat untuk pembentukan sel-sel darah merah, pembentukan sel darah merah terjadi pada sumsum tulang belakang, untuk itu penyakit leukemia atau kanker darah dapat terjadi karena rusaknya bagian tulang belakang.
Karena fungsinya sangat penting maka wajib bagi kita semua menjaga kesehatan tulang masing-masing. Jangan salah karena berbagai macam penyakit tulang belakang atau yang menyerang bagian tulang lainnya bisa terjadi akibat kesalahan manusia sendiri seperti misalnya cidera yang menyebabkan keretakan tulang Anda.

No comments:

Post a Comment