3 Langkah Atasi Luka Ringan saat Bekerja


Menjaga keselamatan kerja K3 sangat penting untuk dilakukan agar bisa tetap sehat dan menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan dengan baik. Meskipun menjaga keselamatan kerja lebih identik untuk pekerjaan berat dan ada resiko kecelakaan yang tinggi. Namun, menjaga keselamatan untuk pekerja di dalam ruangan juga sama pentingnya. Sebab kecelakaan tidak hanya bisa terjadi di bagian lapangan namun juga di bagian administrasi dan sebagainya.

Kecelakaan yang kerap menimpa karyawan kantoran umumnya merupakan kecelakaan tingkat ringan yang bisa diatasi dengan mudah. Salah satu contoh ialah terluka karena sayatan benda tajam, mengikuti keselamatan para pekerja K3 pertolongan pertama yang bisa diberikan adalah:
  1. Hal pertama yang perlu dilakukan apabila tersayat pisau dan benda tajam lainnya ialah segera mencuci luka tersebut, usahakan di air yang mengalir.
  2. Jika tidak Anda bisa membersihkan kulit yang membuka tersebut menggunakan cairan antiseptik, semisal betadin ataupun retanol.
  3. Balut luka dengan menggunakan plester atau perban yang dialasi kapas agar luka tetap steril.
Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang harus diselesaikan per harinya, deadline yang tidak bisa menunggu bisa membuat pengerjaan tergesa-gesa. Alhasil besar kemungkinan terjadi kecelakaan kerja, apabila tergolong ringan sebaiknya diatasi sendiri. Namun, jika sudah pada tingkat parah maka segera hubungi bagian medis untuk penanganan lebih lanjut. Kecelakaan dalam bekerja bisa diminalisir dengan menerapkan keselamatan kerja K3.

No comments:

Post a Comment