Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh


Pisang termasuk salah satu jenis buah yang banyak dijumpai di tanah Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan pisang di hampir seluruh pulau Indonesia. Hampir di seluruh bagian buah pisang dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi. Selain dari daging buahnya, Anda juga pasti sangat mengenal jantung pisang yang biasanya digunakan untuk masakan. Bahkan ketika Anda berada di Papua, maka batang pisang juga dapat diolah sebagai makanan. Tidak lupa juga daun pisang yang sudah seringkali digunakan sebagai pengemas makanan tradisional. Untuk saat ini pisang juga dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam meracik obat-obat tradisional.

Mencegah penyakit jantung

Buah pisang juga dipercaya mampu mencegah penyakit jantung, hal ini dikarenakan buah pisang ini sendiri mengandung vitamin C serta flavanoid yang bersifat antioksidan. Dengan demikian buah yang satu ini berguna mencegah proses oksidasi lemak yang akan menyebabkan penyakit jantung. Kalium yang dapat ditemukan di buah pisang yaitu tonik yang sangat baik untuk jantung. Serat pektin pisang ikut berpengaruh di dalam membantu menurunkan kolesterol. Jadi, sebelum Anda terkena penyakit jantung, lebih baik cegah sejak dini dengan rutin mengonsumsi buah pisang.

Pisang mampu mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi)

Kalium yang dapat ditemukan dalam buah pisang sangat bermanfaat untuk membantu tubuh ketika mengatur keseimbangan cairan serta elektrolit. Dengan demikian tekanan darah dalam tubuh Anda akan menjadi lebih stabil. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah pisang juga berguna untuk mengikat lemak dan dapat mencegah terbentuknya plak. Dimana plak merupakan salah satu faktor yang menimbulkan tekanan darah di dalam tubuh menjadi naik dengan mudah. Sudah cukup banyak obat-obat alami tradisional hipertensi dengan kandungan ekstrak buah pisang yang dipercaya lebih efektif menangani tekanan darah tinggi.

Buah pisang membantu mengurangi rasa sakit saat haid

Apakah Anda sering merasakan nyeri setiap kali sedang haid? Jangan atasi masalah tersebut dengan obat berbahan kimia. Akan lebih baik jika Anda mengatasinya menggunakan obat-obat tradisional di antaranya seperti buah pisang ini. Caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah pisang dan ekstraknya (misalnya jus) agar dapat mengurangi rasa nyeri akibat haid tersebut.

No comments:

Post a Comment