3 Jenis Perawatan Penyakit Tulang Belakang

Penyakit yang menyerang tulang belakang sehingga menyebabkan bentuknya berubah, yaitu skoliosis, bisa menyerang siapa saja, terutama wanita dan anak-anak yang sedang tumbuh. Hal yang cukup menyulitkan adalah bahwa sebenarnya penyakit ini bisa dideteksi secara dini, namun karena kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit ini, maka ketika berkunjung ke dokter, penyakit ini telah cukup parah.


 Umumnya, kelainan tulang belakang ini bisa diatasi dengan beberapa cara, yaitu:

   ·         Terapi chiropractic
Merupakan terapi untuk rehabilitasi tulang belakang dengan tangan yang bertujuan mengembalikan mobilitas di sendi, dan cocok jika Anda mempunyai kemiringan tulang belakang yang sedang, yaitu 20-30 derajat. Salah satu klinik di Indonesia yang melayaninya adalah Chiroindo di Jakarta.
   ·         Bracing
Untuk kemiringan tulang punggung sebesar 25-30 derajat, perawatan ini bisa dilakukan. Biasanya dilakukan pada pasien yang masih berusia muda, pemasangan brace atau penjepit akan mampu mencegah kemiringan lebih parah.
   ·         Operasi
Jika kemiringan tulang sudah mencapai 40 derajat atau lebih, maka operasi adalah jalan satu-satunya. Sebuah pen atau batang logam akan dipasang di tulang belakang Anda, sehingga bentuk punggung menjadi lurus kembali.

Perawatan tersebut tidaklah murah dan mudah untuk dilakukan. Skoliosis merupakan penyakit yang mempunyai banyak penyebab, dimulai dari bawaan sejak lahir, hingga karena kesalahan postur, umur, dan juga gaya hidup yang tak sehat. Karena itu, melakukan observasi dan sering check-up kesehatan ke dokter adalah cara yang baik untuk bisa melakukan deteksi dini.

No comments:

Post a Comment