Mainan yang Membantu Perkembangan Si Kecil

Saat masa tumbuh kembang anak memasuki usia-usia pengenalan terhadap lingkungan sekitarnya, maka mainan bisa menjadi sebuah alat yang bisa memacu otaknya agar lebih peka terhadap apa yang dialaminya. Memang tidak semua mainan cocok atau sesuai dengan usia setiap anak, oleh karena itu kita sebagai orang tua haruslah bisa selektif menentukan mainan mana yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak mengalami kesulitan untuk memainkan mainan tersebut serta meminimalkan resiko yang bisa ditimbulkan oleh mainan tersebut kepada anak.


Ketika proses tumbuh kembang pada anak terjadi, biasanya mereka selalu tertarik dengan banyak hal yang mereka anggap asing. Saat inilah memerlukan sekali pengawasan dari anda sebagai orang tua agar si anak tidak keliru dalam mendapatkan pengetahuan atas barang yang baru ditemuinya. Beberapa mainan yang bagus untuk perkembangan otak maupun fisik anak antara lain:

  • Balok bangunan, selain melatih sistem motorik permainan ini juga bisa melatih imajinasi anak,
  • Bola keranjang, ini untuk melatih sistem penglihatan serta gerak si kecil agar sinkron,
Selain itu ada juga puzzle ataupun mainan memasukkan bentuk mainan ke dalam box sesuai dengan bentuk lubang pada mainan tersebut bisa menjadi alternatif lain agar kemampuan si kecil bisa terasah sejak dini. Perhatian serta bimbingan orang tua juga menjadi salah satu faktor yang tidak bisa dilupakan, karena memang tanpa kasih sayang dari orang tua tumbuh kembang anak akan kurang maksimal didapatkan.

No comments:

Post a Comment