PILOTING RUMAH BELAJAR KEMDIKNAS




Awalnya seorang teman mengajak untuk mau ditugaskan mengikuti pelatihan yang diadakan Depdiknas Pustekkom (Tanks yah MR.P). Karena ada iming-iming pelatihan yang berhubungan dengan IT tentu saja dengan suka cita aku terima. 
Senin, 25 Juli 2011 pagi pukul 8.00 aku pastikan keberangkatan kami pada temanku Mr P, setelah yakin persiapan pertama membuat tugas untuk siswa yang aku tinggalkan selama 3 hari. Pukul 14.30 dengan menggunakan mobil Inova milik Mr.P kami meluncur ke hotel tempat menginap. Melewati tol JORR mobil keluar di Bogor setelah bertanya sana sini tepat pukul 16.15 atau lebih, hotel Permata tempat pelatihan ada di sebelah kanan jalan. Lumayan untuk ukuran seorang guru menginap di hotel berkelas seperti ini.


Ketika kuintip harga menginap wah mahal juga Rp 440.000 untuk satu malam kamar ukuran standar. Reservasi kamar aku dapat kamar 316 dan temanku Mr.P mendapat kamar 311 masih disatu lantai.
Ternyata di dalam kamar sudah ada seorang guru yang nanti akan menjadi teman tidurku. Namanya Wiwi seorang guru di SMP swasta. Masih gadis dan asli Pandeglang, wajahnya manis dengan rambut panjangnya yang hitam ikal. Untung aku dapat teman kamar yang asyik jadi tidak BT juga menghabiskan waktu di pelatihan ini.



Waktu masih pukul 17.00 sedangkan acara pembukaan masih lama pukul 19.00, jadi sore itu walau belum mandi aku dan Wiwi menyusuri jalan Pajajaran sekitar hotel mencari makanan untuk berbuka. Yah Wiwi sedang Shaum, jadi malu nih Wi. Tidak jauh dari hotel ada sebuah Mall yang sudah ditinggalkan namanya Mall Pangranggo, tidak terurus bangunan yang megah itu sudah mulai kusam, kaca jendela yang sudah banyak retak dan pecah di sana sini. Di sebelah ada jalan kecil dan ada seorang penjual yang ramai dikunjungi pembeli. Karena penarasan kami dekati ternyata penjual CIMOL. Sejenis makanan Jawa Barat yang terbuat dari aci atau sagu yang dibentuk bulat dan digoreng. Hanya diberi variasi dikit dengan tambahan rasa keju pedas dan manis yang boleh sesuakanya diberikan oleh pembeli. Karena aku tidak berpuasa jadi aku coba satu, lumayan tapi rasanya kebanyakan penyedap rasa deh.
Kembali ke hotel bersiap untuk mengikuti pembukaan pelatihan yang dijadwal pukul 19.00.

Sebelumnya Lunc dulu di resto hotel suasana yang resik bersi dengan meja persegi dan ada juga kursi mebel (yang ini aku paling suka habis empuk sih), menunya gurame asam manis, sop, dan teman2nya ehmmm yummy lumayan perbaikan gizi disajikan secara prasmanan. Namun apalah daya kalau orang Indonesia yang membuat acara baru pukul 20.00 pembukaan dilaksanakan. Acara dibuka oleh kepal PUSTEKKOM bapak Ari, sekaligus memberitahukana tujuan diselenggarakan pelatihan ini. Ternyata para peserta yang harusnya berjumlah 40 orang berkurang menjadi 34 orang (mungkin malas kali yah harus meninggalkan pekerjaan dan terutama keluarga), kami diberi arahan membuat e-RPP atau RPP yang sudah ada link baik bahan ajar, materi maupun soal-soal. Sayangnya waktu untuk membuat hanya 1 hari, untungnya aku sering sekali ngeblog jadi link aku sampirkan ke blogku dan beberapa hasil browing di youtube.Saking asyiknya membuat e-RPP rekan peserta sampai lupa kalu waktu sudah larut, ruangan harus dikosongkan. Karena banyak yang penasaran mereka pindah ke ruang lobby atau kamar yang bawa modem. aku sendiri sudah lelah banget jadi kutinggalkan Wiwi dengan aktivitasnya untuk Bobo.

Pagi hari ketiga setelah presentasi masing-masing mata pelajaran kami cekout dari hotel. Karena aku sudah ditunggu di Majalah Pesona maka aku mohon Mr.P mengantarkan (eh baik banget sih kamu fren), mana macet harus tanya sana sini cari alamat akhirnya pukul 14.30 aku tiba di majalah Pesona (tunggu kisahku dan Pesona yah)



No comments:

Post a Comment