Powered by Blogger.

INTERNET SEHAT: Siswaku dan Publikasi Karyanya



Internet sehat? apa sih...? Memang selama ini kita berinternet tidak sehat yah? Pertanyaan yang menggelitik naluri pendidik saya, karena saya guru rasanya tidak rela melihat para penerus bangsa terjebak oleh kemajuan IT yang akan memberi dampak negatif buat mereka.
Teknologi Informasi membuat kita harus tahu dan mau tahu setiap pergerakan informasi. Informasi yang berkembang sekarang ini bila tidak disikapi dengan baik akan menjurus kepada tindakan negatif, anarkis, bahkan menjadi budaya baru.
Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengenalkan internet pada siswa saya di kelas VII atau kelas 1 SMP. Sekolah saya walaupun sekolah yang berlokasi di Jakarta, bukanlah sekolah yang langsung merasakan kemajuan Teknologi Informasi, bagi mereka peralatan komputer membutuhkan biaya mahal, karena pekerjaan orangtua mereka yang kebanyakan buruh dan nelayan di sebuah daerah di pingiran Jakarta Utara tepatnya Cilincing Marunda.Siswa saya mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi hanya melalui pelajaran TiKom atau Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas. Mereka hanya menerima materi sesuai kurikulum selebihnya mereka diam atau bahkan tak mencari tahu.
Sesuai materi yang saya ajarkan saya ingin menularkan budya menulis pada siswa saya. Materi hari itu adalah menulis pengalaman yang mengesankan. Metode yang saya gunakan adalah melihat gambar , mereka saya beri tugas individu, sebelumnya mereka saya tugaskan untuk untuk membawa foto mereka ketika sedang jalan- jalan atau foto mereka mengunjungi keluarga. Hari itu saya beri mereka instruksi sederhana, misalnya saya ambil salah satu foto siswa lalu saya tanyakan sedang acara apa kamu pada foto ini? dan apa kesan kamu terhadap acara tersebut?
Sesuai instruksi di lembar tugas,siswa saya mulai menuliskan pengalamannya bersama foto tersebut. Beragam hasil tulisan tersebut ada yang lucu, mengharukan, bahkan ada yang membuat mereka terkesan.
Di pertemuan selanjutnya saya membawa peralatan IT ke kelas, kebetulan sekolah saya belum memiliki kelas multi media sehingga kalau mau mengajar dengan presentasi saya harus memboyong semua peralatan IT, mulai Laptop, LCD, speaker. Waktu habis hanya untuk persiapan. Hari itu saya tunjukkan salah satu situs Blog kepunyaan anak saya Natasha Anissa yang berisi pengalaman mengesankan berikut fotonya,dan saya berikan juga cara membuat blog pribadi (waktu itu saya membawa modem) sehingga semua pengalaman mereka dapat tersimpan dan terpublikasi.
Siswa saya senang sekali dengan atraksi memasukkan tulisan mereka di blog. Hari itu walaupun bukan pelajaran IT namun saya habiskan dua jam pelajaran saya untuk mengajarkan mereka membuat blog memasukkan foto, sayangnya karena usia mereka belum cukup mereka masih menggunakan alamat email saya, selain itu saya juga menganjurkan pada mereka agar membuat tulisan yang bermanfaat dan berguna tidak lupa saya cantumkan �Internet Sehat�, yang selalu memuat berita tentang berinternet secara sehat serta aman.di situs itu kita akan mengenal mengapa "Berinternet harus Sehat dan juga aman". Ada juga artikel-artikel IT yang tentu sehat dan aman.
Bagi saya hal ini merupakan satu senjata ampuh mengenalkan internet secara sehat pada siswa bukan hanya mengajarkan menulis akan tetapi mengajarkan pada mereka bahwa dengan karya mereka kita sudah berinternet secara sehat. Karena biasanya siswa saya walupun tidak mampu mereka rajin menabung hanya untuk bisa bermain game online yang mengumbar kekerasan.Demam Facebook juga dirasakan oleh siswa saya, ada beberapa yang bersemangat menanyakan Facebook, saya ceritakan bahwa komunikasi yang baik tercipta apabila bahasa yang kita ciptakan juga baik. selain situs internet sehat kita juga bisa masuk ke Facebook internet sehat dengan mengadd �Internet Sehat @ Facebook�
Kemudahan berinternet memang dirasakan betul oleh semua orang. Kalau biasanya "Warnet" jadi pilihan utama siswa saya untuk menyelesaikan blog atau berselancar FB, maka ada satu cara berinternet sehat dan dijamin aman, di suatu kesempatan saya katakan pada siswa saya untuk mencoba
�Mobile Broadband Internet� , sepertinya berinternet secara sehat dan aman bisa kita dapatkan melalui fasilitas ini.
Sekarang siswa saya dapat menuliskan pengalaman pribadinya di blog yang ia buat. Paling tidak saya sudah menularkan beberapa hal pada mereka yaitu:
1. Mau menulis
2. Mau mempelajari teknologi
3. dan berinternet secara sehat dan aman
Terimakasih ICT Wact atas internet sehat yang diperkenalkan, mudah-mudahan tidak ada kekhawatiran di hati orangtua ketika anaknya ingin mempelajari teknologi... SEMOGA anak Indonesia maju dalam IMTAQ dan juga IPTEK.



No comments:

Post a Comment