Pertolongan Pertama Mengatasi Luka Bakar


Luka bakar merupakan kecelakaan kecil yang mungkin pernah dialami oleh sebagian besar orang termasuk anda. saat kita terkena luka bakar, biasanya pergerakan kita akan terganggu rasa sakit dan panas pada area yang terkena luka bakar. Biasanya penyebab luka bakar yang kita alami disebabkan oleh beberapa hal seperti panas knalpot, terkena percikan api, tersiram air panas, terkena cipratan minyak panas saat memasak, dan penyebab lainnya. Saat anda terkena luka bakar, penanganan awal saat luka bakar akan menentukan proses penyembuhan berikutnya. Agar kondisi luka bakar tidak semakin parah, anda harus mengetahui cara mengatasi luka bakar yang benar agar bisa memberikan pertolongan pertama.

Saat terjadi luka bakar, kenali area kulit yang terkena luka bakar. Lapisan kulit manusia terdiri dari tiga lapisan yaitu epidermis (kulit paling atas atau paling luar), dermis (lapisan kulit kedua) dan indodermis (area kulit ketiga). Jika luka bakar hanya mengenai bagian epidermis, anda dapat menyiram atau mengaliri luka tersebut dengan air mengalir bersuhu rendah atau air dingin selama 10 menit lalu olesi dengan salep yang diperuntukkan untuk obat luka bakar sebagai pertolongan pertama saat tersiram air panas atau pun minyak panas. 

Hindari penggunaan odol untuk mengolesi luka bakar karena mengandung mint yang dapat menyebabkan kulit semakin melepuh. Jika luka bakar sampai pada bagian dermis atau bagian kedua biasanya akan terjadi pelepuhan yang berisis air, maka jangan sampai anda memecahkannya karena cairan tersebut merupakan protein, lakukan penanganan seperti pada langkah sebelumnya dan gunakan salep yang dianjurkan oleh dokter. Jika luka bakar sampai pada bagian indodermis, jangan lakukan penanganan apapun sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Untuk masa penyembuhan pasien luka bakar, usahakan segera mengkonsumsi makanan mengandung protein tinggi seperti buah, telur dan daging. Lakukan dengan segera selama kurang lebih seminggu agar kulit kembali sembuh pada keadaan semula, dan gunakan salep yang dianjurkan untuk luka bakar untuk mempercepat penyembuhannya, dan untuk menghilangkan bekas luka bakar pada kulit anda. itulah pertolongan pertama sebagai cara mengatasi luka bakar yang dapat anda lakukan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment