Independent Power Producer Perusahaan Listrik Swasta Yang Bermanfaat



Kehidupan sehari-hari kita saat ini tidak terlepas dengan manfaat listrik, saat kita menyalakan TV butuh listrik, menyalakan lampuk kita butuh listrik, sampai menanak nasi pun saat ini butuh listrik. Manfaat listrik memang begitu banyak, coba anda bayangkan bila sehari saja didunia ini listrik dipadamkan, mungkin aktivitas manusia akan lumpuh total. Sehingga kebutuhan listrik merupakan kebutuhan yang wajib diperoleh oleh manusia. Saat ini perusahaan listrik memanfaatkan minyak maupun batu bara sebagai pengerak generatornya, tetapi banyak dinegara maju memanfaatkan tenaga nuklir sebagai pembangkit utamanya seperti Jepang dan Amerika Serikat. Di Indonesia perusahaan produksi listrik nasional adalah PLN, PLN sendiri masih banyak menggunakan minyak bumi maupun batubara sebagai bahan bakar digenerator-generatornya. Akan tetapi produksi listrik ini tidak mencukupi kebutuhan nasional sehinggan PLN mengandeng pihak swasta untuk mendirikan independent power producer sebagai perusahaan listrik yang akan menambah produksi listrik nasional.

Saat ini perusahaan listrik swasta independent power producer telah berdiri di Indonesia seperti Enron, Mitsubishi, Edison Mission Energy, Californian Energy, Siemens, General Electric, dan masih banyak lagi. Perusahaan swasta inilah yang akan mensuplai kebutuhan listrik tambahan yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Perusahaan listrik swasta ini menggunakan minyak bumi dan batubara sebagai bahan bakar utamanya. Akan tetapi penggunaan energi alternatif juga banyak dimanfaatkan oleh perusahaan listrik swasta ini. Energi alternatif ini biasaya memanfaatkan aliran air maupun tenaga matahari untuk memproduksi listriknya. Dengan penggunaan energi alternatif ini akan membuat kesadaran kita akan kelestarian alam menjadi lebih meningkat.

Perusahaan listrik swasta ini harus mendapat pengawasan yang ketat dari badan terkait agar perusahaan ini memproduksi listrik dengan memperhatikan kelestarian alam dan tidak memimbulkan pencemaran yang justru akan merugikan negara Indonesia sendiri. Dengan adanya perusahaan listrik yang dimiliki oleh pihak swasta, akan menambah produksi listrik nasional saat ini yang mengalami kekurangan energi listrik. Meski demikian, kita sebagai masyarakat juga harus menghemat listrik untuk menjaga kelestarian alam yang semakin tua ini.

Artikel yang terkait : http://ormcn.com/independent-power-producer-apa-dan-manfaatnya/

No comments:

Post a Comment