Prinsip Ekonomi Yang Dijalankan Bank Syariah

Bank Syariah
Umumnya bank syariah melakukan atau menjalankan prinsip ekonomi syariah yang melarang tentang beberapa hal. Beberapa hal memang dilarang dalam menjalankan ekonomi yang sudah diatur dalam aturan syariah islam. Prinsip tentang menjalankan ekonomi yang sesuai dengan syariah tidak hanya mengenai pelarangan adanya riba saat trensaksi yang membebani salah satu pihak. Masih ada prinsip lain dari ekonomi islam ini yaitu prinsip zakat.

Bagi umat isalm kata zakat bukanlahkata yang baru karena berzakat meupakan amalan yang menghasilkan pahala bagi setiap muslim yang melakukannya. Dalam prinsip ekonomi sistem syariah zakat yang dimaksud adalah tentang penyetaraan atau keadilan harus sama rata antara pigak satu dengan pihak lain yang terlibat dalam transaksi ekonomi tersebut. Tapi jangan diartikan pula jika kesamaan peluang itu adalah harus dilakukan dua pihak yang sama kayanya ataupun sama miskinnya. Tujuan dari prinsip zakat ini adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sebuah jembatan yang dapat digunakan masyarakat mengenai perbedaan.
  • Supaya kaum muslimin dapat meningkatkan taraf perekonomiannya ke tingkat yang lebih mapan.

Prinsip yang selanjutnya adalah tidak memasukkan hal yang haram dalah sebuah transaksi ekonomi. Dalam ekonomi syariah beberapa hal yang diharamklan harus benar-benar dihindari untuk menciptakan ekonomi yang sejahtera. Sebaiknya dalam pelaksanaanya ada beberapa pihak yang memonitori ekonomi yang berbasis syariah ini untuk menghindari praktek ekonomi yang melanggar hukum islam.

No comments:

Post a Comment