BELAJAR DARI MUSIK INDIA

Ketika mengunjungi rumah kawan suamiku di daerah Depok Jawa Barat, terasa berbeda. Karena keluarga yang kami kunjungu adalah keluarga India 'Amarjid Singhn (salah kali yah tulisnya). Dua orang anakknya yang manis-manis Gurdip dan Hardip. Sambil bernostalgia kedua anak manis itu menyuguhkan hiburan musik India klasik. Setelah lama mendengarkan baru aku tahu bahwa yang mereka lantunkan adalah musik persembahan dalam ritual agama mereka, namun indah sekali.
Waktu makan siang sang ayah atau biasa mereka panggi Babuji menawarkan makanan siap saji yang diorder dari resto dekat rumah. Namanya bernostalgia, suamiku yang hobi makan Kwetiau memsan menu tersebut. Tuan rumah yang bertubuh tambun dan subur juga ikut memesan dengan catatan tidak pakai daging sapi (menurut kepercayaan mereka Hindu, sapi adalah binatang yang sangat dipuja) dan haram untuk dimakan.
Tidak berapa lama datanglah pesanan kami, namun tiba-tiba tuang rumah meradang karna pesanannya memakai daging sapi. Sambil membentak orang suruhan resto ia menyuruh mengganti makanan yang sudah sempat dia buka. Bagi Amarji dan keluarganya kepercayaan dan pantangan tak boleh dilanggar! Begitu pula dengan kita bukankah haram mengonsumsi Babi???

No comments:

Post a Comment