Remedial Kelas XII IPA & IPS

REMEDIAL BAHASA INDONESIA KELAS XII IPA& IPS UJIAN BLOK I
1. Banyak sekali penebang kayu liar di kawasan Bukit Lawang, Sikundur, dan Langkat atau sekitar Bohorok. Tingkat kerusakan mencapai 42 hektar. Tingkat kerusakan sub-Daerah Aliran Sungai DAS pun sangat tinggi sehingga banjir bandangn terjadi di sub-DAS Bohorok tersebut.
Paragraf di atas menggunakan pola pengembangan��.
2. Dalam penjara, Guru Isa juga bingung oleh ketakutannya. Untuk membongkar rahasia
perjuangan ia takut kepada kawan-kawannya sedangkan untuk bungkam juga takut disiksa.Tapi ia memilih tetap bungkam meskipun disiksa. Ketika dipertemukan dengan Hazil dalam suatu interogasi, tahulah ia bahwa Hazil yang katanya gagah berani justru telah buka mulut. Peristiwa itulah yang membuat Guru Isa menemukan jati dirinya.
Nilai moral yang terkandung dalam penggalan cerita di atas adalah ....
3.Hal-hal apa saja yang ditulis dalam biografi ..........
4. Baca dan cermati puisi berikut!
WARNA HUTANKU
(Bunda NaRa)
Ada asap membungkus hutanku
Ada kemuraman disetiap nafas bangsaku
Tak lagi indah tanahku
Tak lagi hijau atap rumahku

Kalau ada rasa yang punah
Adalah kebisuan pemegang janji
Kalau ada resah
Adalah kami anak- anak negeri

a. Majas apa saja yang digunakan dalam puisi di atas!
b. Puisi di atas menceritakan tentang .........................
5. Baca dan cermati biografi tokoh Ir. Soekarno berikut!
Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika.

a. Hal yang dikemukan pada biografi di atas adalah mengenai.....
b. Apa yang menarik dari tokoh di atas?
6. Perbaiki teks pidato berikut ini!
PERPISAHAN KELAS 3

Assalamualaikum wr.wb
Yth.Bapak bakri siknun MM selaku kepala sekolah
Yth.Ibu seni asiati selaku guru pembimbing
Serta siswa-siswi SMA YAPPENDA yang saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat allah swt,karna dengan rahmatnya kita masih diberi kesehatan dan dapat berkumpul disini.
Saya berdiri disini mewakili teman-teman kelas 3 untuk berterima kasih kepada semua insan-insan SMA YAPPENDA,baik itu kepala sekolah;guru maupun pegawai .selama 3 tahun ini kami telah mendapatkan banyak pelajaran dari guru-guru yang kami sayangi baik pelajaran material maupun non material.
Sebenarnya kami ingin belajar tapi kami tidak ada kemauan dan tidak serius dalam belajar ada yang ngobrollah,becandalah,makan dan masih banyak lagi.banyak guru yang kesal kapada kami karna tidak serius dalam belajar.mungkin itu teguran untuk kami dalam belajar dan ingin melihat kami lulus dengan nilai meyakinkan.
Dan yang terakhir kami ingin minta maaf atas segala kesalahan-kesalahan,keonar-onaran yang telah kami lakukan selama di SMA YAPPENDA.
Mungkin hanya ini yang saya sampaikan dalam kesempatan ini.bila ada salah-salah kata kami mohon maaf.


Assalamualaikum wr.wb


N.B. : Setelah selesai membaca soal dan mengcopinya. Cantumkan absen dengan memberi komentar, mencantumkan nama yang telah mengerjakan soal remedial tersebut!

No comments:

Post a Comment